id

Mitsubishi e-Evolution Concept – Perwujudan Semangat “Drive Your Ambition” Mitsubishi Motors

News | 17 November 2017

Ajang Tokyo Motor Show 2017 dimanfaatkan oleh Mitsubishi Motors Corporation (MMC) untuk merayakan debut dunia (world premiere) dari Mitsubishi e-EVOLUTION Concept. SUV dengan penggerak listrik ini adalah wujud dari tagline global baru “Drive Your Ambition”, sebuah strategi yang mencerminkan jiwa petualang dan progresif untuk desain dan produk yang inspirasional.

Mitsubishi e-Evolution Concept adalah prototipe yang mengilustrasikan brand Mitsubishi Motors yang baru, yang mencerminkan kekuatan SUV, Electric Vehicle (EV), dan kemampuan mengintegrasikan sistem baru untuk pengalaman mengemudi konsumen yang terhubung satu dengan yang lain.

Dalam semangat baru ini, MMC akan memperluas basis konsumennya, memanfaatkan sejarah berkendara dengan menampilkan SUV dan crossover. Sebagai salah satu pelopor di kendaraan elektrik, MMC akan mengembangkan dan mempercepat pengembangan kendaraan elektrik. MMC juga akan mengembangkan teknologi dengan sistem Artificial Intelligence (AI), konektivitas, dan komputerisasi on-board dan cloud yang terkoneksi satu dengan yang lain.

Filosofi desain dari Mitsubishi Motors: Robust & Ingenious

Mitsubishi Motors telah mengadopsi filosofi desain “Robust & Ingenious”, yang diadopsi pada Mitsubishi e-Evolution Concept. Kendaraan Mitsubishi Motors di masa depan haruslah murni, tangguh, dan fungsional. Di sisi lain, mereka harus pintar, bermanfaat, gaya, dan memiliki teknologi yang terdepan.

Desain dari Mitsubishi e-Evolution Concept

Mitsubishi-e-Evolution-Concept_02

MMC memiliki sejarah yang panjang dan kuat. Berpikir tentang “Mitsubishi Motors” dan yang muncul dalam pikiran adalah performa off-road yang telah terbukti, bersama dengan kuatnya 4WD control. Saat ini, bendera 4WD berperforma tinggi diusung oleh Mitsubishi e-Evolution Concept. Desainnya mengekspresikan kesiapan untuk menaklukkan jalan dengan penggerak empat roda, dan kelincahan dari petualang cross-country yang berperforma tinggi.

Tampilan depan Mitsubishi e-Evolution Concept mengadopsi desain Dynamic Shield, sedangkan bentuk segi enam yang besar di bagian belakang mengingatkan kita akan ban cadangan dari SUV klasik yang legendaris, Mitsubishi Pajero, yang merupakan sebuah simbol dari off-road driving dan salah satu bagian yang paling penting dalam sejarah Mitsubishi.

Mitsubishi-e-Evolution-Concept_04

Di bagian dalam, pengemudian kokpit dari e-Evolution Concept menunjukkan bahwa desainernya berhasil melampaui batas-batas yang biasa. Kendaraan ini didukung oleh tiga  motor elektrik dengan putaran penuh, dan dengan tidak adanya mesin pembakaran internal yang besar di bawah kap mesin, membuat desainer mampu menyajikan desain kokpit baru yang berbeda.

Mitsubishi-e-Evolution-Concept_05

Instrument panel mengadopsi gaya horizontal khasi Mitsubishi, dengan fokus menampilkan informasi di atas garis axis dan pengoperasian yang berada di bawahnya. Berperan seperti sebuah tingkatan di viewfinder elektrik, instrument panel yang horizontal membuatnya lebih mudah untuk memantau keadan kendaraan selama mengemudi – sebuah contoh yang baik akan forms follow function (bentuk mengikuti fungsi).

Mitsubishi-e-Evolution-Concept_06

Teknologi dari Mitsubishi e-Evolution Concept

  • EV System: Mitsubishi e-Evolution Concept menggunakan motor elektrik dengan torsi dan performa tinggi, yang disuplai tenaga oleh sistem baterai dengan kapasitas tinggi untuk menghasilkan performa responsive yang lembut dan bertenaga yang membedakan kendaraan EV dengan kendaraan bertenaga ICE.
  • 4WD System: untuk performa berkendara yang luar biasa, sistem 4WD dengan tiga buah motor mempekerjakan sebuah motor untuk roda depan, diikuti dengan sistem baru Dual Motor Active Yaw Control (AYC) yang menggabungkan dua motor belakang melalui unit torque-vectoring yang dikontrol secara elektrik.
  • AI System: Otak dari Mitsubishi e-Evolution Concept adalah sistem Artificial Intelligent (AI) yang meningkatkan kemampuan pengemudi. Sebuah barisan sensor membuat AI dapat dengan cepat membaca perubahan kondisi jalan dan lalu lintas, serta keinginan pengemudi. Ketika pengemudi dapat mengendalikan kendaraan dengan mudah dan aman, maka pengoperasian kendaraan seperti berada di level yang berbeda. Fungsi bimbingan khusus memungkinkan sistem AI untuk memberi pengarahan kepada pengemudi, yang dapat meningkatkan keahlian mengemudi. Setelah memiliki gambaran tentang kemampuan sang pengemudi, sistem tersebut membuat program training yang berisikan saran melalui percakapan suara dan display di layar dasbor yang besar. Sebagai hasilnya, pengemudi dengan seluruh tingkat kemampuan dapat dengan mudah merasa bahwa kendaraan ini dapat mengikuti apa yang dia inginkan, dan menikmati pengalaman berkendara di tingkat lebih tinggi.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Mitsubishi e-Evolution Concept, dapat dilihat dalam tautan berikut ini: http://www.mitsubishi-motors.com/en/innovation/motorshow/2017/tms2017/