Mitsubishi Motors Adakan Kampanye Perbaikan Airbag Inflator Untuk Tiga Model Ini di Indonesia

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan kampanye perbaikan (field fix campaign) untuk Mitsubishi Pajero Super Exceed, Delica, dan Lancer SEi di Indonesia. Kampanye perbaikan Airbag Inflator ini wujud kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur didalam Peraturan Perundang-undangan yang berlaku khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor. 

Kampanye perbaikan ini diadakan karena ditemukan kemungkinan Body Inflator Airbag (komponen mekanis pengembang kantung udara) dapat pecah yang menyebabkan terpentalnya material komponen tersebut yang berpotensi melukai pengemudi dan/atau penumpang depan ketika airbag mengembang saat terjadinya tabrakan frontal. 

Pajero Super Exceed

Dalam hal ini diketahui penyebab Body Inflator Airbag memiliki potensi pecah dikarenakan oleh bahan kimia pengembang airbag, yakni ammonium nitrate yang berubah dalam akumulasi jangka waktu yang lama sehingga rusak dibawah pengaruh perbedaan temperatur dan kelembaban. Komponen Body Inflator Airbag yang baru sebagai pengganti dalam kampanye perbaikan ini telah dikembangkan tanpa penggunaan bahan kimia tersebut. 

Kampanye perbaikan ini akan melibatkan unit kendaraan dengan detail sebagai berikut:

No.

Model Kendaraan

Tahun Produksi

Pergantian Part

Total Unit Terlibat

Passenger Airbag

Driver Airbag

1

Pajero Super Exceed

2008 - 2013

62 unit

2

Delica

2014 - 2016

-

996 unit

3

Lancer SEi

2006 - 2012

-

220 unit



“Program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir dalam keseluruhan proses kepemilikan kendaraan penumpang Mitsubishi, terbukti walaupun model kendaraan yang dimaksud sudah tidak lagi didistribusikan secara resmi oleh MMKSI namun komitmen dan tanggung jawab merek terhadap konsumen tetap dilakukan melalui berbagai aktivitas seperti kampanye perbaikan ini," ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

Delica

MMKSI melalui diler kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di seluruh Indonesia akan mengirimkan surat undangan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini tanpa dikenakan biaya apapun. Kampanye ini dimulai tanggal 1 Februari 2019 di seluruh diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia. 

Konsumen dapat menghubungi diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan ini, sekaligus melakukan Service Booking untuk kemudahan dalam pengaturan waktu perbaikan mulai tanggal 1 Februari 2019.

Lancer SEi

“Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler resmi kami dengan prosedur yang mudah dan kompensasi penggantian part terkait tanpa biaya”, tambah Irwan.

Kegiatan ini memiliki estimasi pemeriksaan penggantian komponen dengan durasi tiga jam untuk model Pajero Super Exceed dan dua jam untuk Delica dan Lancer SEi. 

Konsumen dapat mengetahui informasi lokasi dan kontak diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi melalui website www.mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer.