Pendapat dan Hal-Hal yang Membuat Konsumen Setia Jatuh Cinta Pada Merek Mitsubishi Motors

Sebagai merek mobil yang sudah 50 tahun berkecimpung di penjualan kendaraan di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tentunya punya banyak konsumen loyal. Apalagi di Maret 2022 kemarin, PT MMKSI kembali mencatatkan angka penjualan yang positif.

Di mana penjualan kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencatat total 10.592 unit dan berhasil mempertahankan pangsa pasarnya di 12,9%. Dalam penjualannya di bulan Maret 2022, kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 6.991 unit. Sedangkan di segmen kendaraan niaga ringan, MMKSI berhasil mencatat penjualan 3.601 unit. Model Xpander (termasuk Xpander Cross) mendominasi penjualan MMKSI hingga 43% dan L300 berkontribusi hampir 25% serta Pajero Sport berkontribusi 23% terhadap penjualan MMKSI.

“Pada kuartal pertama tahun 2022 ini, kami berhasil mempertahankan penjualan kami dengan sangat baik. Kami terus bersaing di posisi atas dan hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk kami. Kami didorong untuk terus mengeksplor strategi-strategi terbaik kami agar tetap bertahan dan terus bersaing di posisi atas. Salah satu strategi kami yaitu dengan memberikan pengalaman terbaik untuk konsumen dengan selalu memberikan performa yang optimal untuk setiap layanan yang kami hadirkan,” beber Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI

Apa yang membuat konsumen ini bisa begitu loyalnya terhadap merek Mitsubishi, dan seperti apa pelayanan MMKSI kepada konsumen di Tanah Air sekarang ini. Dari sisi layanan konsumen, menurut Bintar Prakoso selaku Manager Customer Experience Management Sales Marketing Division PT MMKSI, secara umum saat ini MMKSI masih terus meningkatkan pengalaman pelanggan Mitsubishi.

“Hampir dalam setiap tahapan pelanggan dalam customer experience sangat penting. Kami berupaya melihat lebih detail. Jadi ada 4 aspek yakni pra pembelian, tahapan di purchase, ownership experience dan tahapan perawatan kendaraan. Itu yang paling penting untuk meningkatkan kesetiaan loyal customer Mitsubishi,” ujarnya.

MMKSI memiliki aplikasi My Mitsubishi Motors ID (MMID) yang sekarang sudah lebih canggih dan memiliki inovasi fitur yang dapat menjawab kebutuhan konsumen saat ini. Beberapa fitur baru yang diluncurkan di MMID ini ada 5, yaitu MIRA, lacak pesanan, aktivitas garansi, owners manual dan booklet, my coupon dan MIMATE, fitur-fitur itu diharapkan jadi melengkapi fitur yang sudah ada. Jadi aplikasi MMID ini bisa dimanfaatkan pelanggan dalam aktivitas sehari-hari.

MIRA sendiri merupakan layanan berbasis chat dikembangkan sebagai alternative para pelanggan berhubungan dengan Mitsubishi tanpa harus mengeluarkan pulsa telepon, bisa chat langsung. Berbagai layanan MIRA bisa diakses semua pelanggan, dengan berbagai menu, bisa cari dealer, bagian lokasi, bisa menginformasikan dealer terdekat juga ada layanan reservasi test drive serta layanan 24 jam. Dan juga informasi purna jual lainnya.

Seputar pembelian, MIRA juga dapat membantu konsumen dalam hal simulasi pembayaran dan konsultasi pembelian. MIRA juga bisa diakses melalui 3 kanal yang tersedia.

Sementara fitur MIMATE bisa mengakomodir pengguna Mitsubishi di Indonesia yang bisa diakses di mana saja dan bisa berbagi momen melalui MIMATE ini sendiri. Fitur ini sangat mirip dengan social media yang ada sekarang dan sangat mudah untuk mengunggah foto, komen dan likes sehingga bisa menjadi semakin dekat sesame pengguna Mitsubishi dan juga dengan Mitsubishi Motors.

Setiap layanan dan kegiatan yang dilakukan oleh MMKSI adalah untuk memberikan layanan dan produk terbaik buat konsumen. Seperti kampanye terbaru “Every Adventure Life is Wonderful” sebagai upaya mendekatkan konsumen dengan kehidupan sehari-hari mereka tentunya dengan kendaraan Mitsubishi Motors.

Kegiatan konsumen yang sejalan dengan kampanye MMKSI dan berkaitan dengan petualangan dalam hidup ini juga sudah dilakukan oleh banyak konsumen Mitsubishi di Indonesia. Seperti Rifat Sungar yang juga sebagai brand ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia. Di mana keseharian Rifat bisa dilihat dari kegiatan sehari-hari dan juga di ajang motorsport termasuk reli. Kiprahnya di motorsport ini juga sudah terekspos dan masyarakat juga mengetahui di situ ada Mitsubishi Motors yang mendukung perjalanan Rifat.

Kemudian ada keluarga Journey of Wonder (JoW) yang melakukan petualangan keliling dunia bersama Mitsubishi Pajero Sport. Dengan mobilnya yang diberi nama Cappuccino, keluarga ini mampu menjangkau spot yang cantik dan luar biasa dan berikan pengalaman yang luar biasa yang dibagikan ke sosial media.

“Saya awal kenal Mitsubishi pas lihat Paris Dakar, itu acara adventure. Saat itu memang ada pilihan mobil lain tapi menurut masyarakat setempat dibanding yang lain, yang paling bagus itu Mitsubishi Pajero untuk di padang pasir. Enteng, lincah, mesinnya mantap. Nah, sejak itu saya ingin mencobanya langsung di Timur Tengah karena mirip-mirip padang pasirnya. Menurut kami itu sesuatu yang sangat istimewa. Akhirnya bisa juga coba ke lokasi yang mirip Paris Dakar di Afrika dengan Pajero Sport, itu pengalaman yang sangat luar biasa,” ujar Elco dan Iyel dari keluarga JoW.

Menurut Elco, sekarang ini memang pelayanan Mitsubishi sudah ke arah yang bagus, inovasi mobilnya juga sangat baik. Perkembangannya cepat, sangat aktif untuk mendengar kebutuhan konsumen yang cepat berubah dan itu sesuatu yang sangat sensitif.

“Karena kami melihatnya dalam pengalaman kami selama di jalan, Mitsubishi sudah sangat berkembang dalam memahami kebutuhan konsumen. Seperti misalnya slot pengisian smartphone, satu itu sudah tidak cukup sekarang dan itu sudah dipenuhi Mitsubishi. Saya merasa itu adalah salah satu kunci untuk mendapatkan hati konsumen yakni cepat memahami kebutuhan konsumen dan pelayanan yang bagus kemana saja Mitsubishi harus ada. Pelayanan harus responsif, dan dibuat lebih mudah untuk konsumen. Perasaan aman dan nyaman sangat penting buat konsumen dan saya rasa itu saudah berhasil diberikan Mitsubishi,” ucap Elco lebih lanjut.

Selain itu ada juga keluarga Bapak Yoestefan yang sudah menjadi konsumen loyal Mitsubishi sejak kecil dan itu diteruskan sampai ke keluarga dan anak-anaknya hingga sekarang. Yoestefan sudah menjadi pengguna mobil Mitsubishi sejak tahun 1980-an dengan Mitsubishi Lancer saat dirinya masih kuliah.

“Saya sudah pakai Mitsubishi Lancer 1982 saat masih kuliah di tahun 1986. Kemudian saat sudah berkeluarga, saya gunakan Lancer DanGan tahun 1990. Selanjutnya kalau tipe saya pakai, saya sebenarnya suka sedan, saya juga gunakan Lancer model Evolution 3 sampai Evolution 4. Setelahnya di tahun 2000-an saya pernah punya Mitsubishi Kuda,” ujar Yoestefan.

Kepuasannya dengan Mitsubishi diteruskan sampai berkali-kali berganti mobil masih menggunakan kendaraan Mitsubishi. Bahkan Yoestefan sampai tiga kali berganti model Pajero Sport yang terbaru karena puas dengan kendaraan SUV ini. untuk kendaraan kantornya pun sekarang ini menggunakan Mitsubishi, jadi dirinya selalu setia dengan merek Mitsubishi Motors. “Di kantor saya pakai Outlander Sport dan anak-anak saya pakai Mitsubishi seperti Xpander. Mitsubishi dari awal saya sudah pakai, saya kalah nasib saja dengan Rifat Sungkar.”

“Saya amati, para pemakai mobil Mitsubishi adalah orang yang betul-betul tahu nyamannya mobil, tahu kendaraannya enak dipakai. Saat ini pengguna Mitsubishi semakin banyak, Xpander sudah banyak di jalan. Jadi kedekatan dengan konsumen itu harus tetap dipelihara dengan berbagai inovasi supaya ada relasi antara Mitsubishi dengan kustomer. Sehingga Mitsubishi bukan hanya sebagai alat angkut buat kita tapi juga alat menjalin hubungan social. Itu harapan saya ke depannya,” ungkap Yoestefan.

Aplikasi MMID sendiri dari Oktober semenjak peluncuran perdana hingga saat ini sudah ada 227.000 pengguna yang mengunduh aplikasi ini. Untuk total user aplikasi MMID sendiri ada di kisaran 85.000 dengan data pengguna aktif ada kurang lebih 47.600 pengguna.

“Kami juga ingin memberikan apresiasi tertinggi kami untuk konsumen di Indonesia yang telah memberikan kepercayaannya kepada kami sebagai rekan dalam menghadapi seluruh petualangan hidup mereka. Kami juga berharap seluruh pengalaman yang kami hadirkan dapat terus menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand dan produk kami serta membantu kami untuk tetap berada di posisi yang strategis baik secara brand maupun penjualan,” pungkas Tsuchida.



Artikel Menarik Lainnya