17 Maret 2025
JANGAN PANIK! BERIKUT INI ADALAH POSISI PENYIMPANAN ALAT BANTU DARURAT DI MOBIL

Saat menghadapi keadaan darurat di jalan biasanya kita merasa panik. Misalnya ketika ban bocor di jalan, mesin tak bisa dihidupkan, mengalami kecelakaan, dan berbagai skenario lainnya. Ketika panik secara naluri manusia akan kehilangan kendali, kemampuan berpikir rasional, serta kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat. Padahal, di saat-saat itu, mungkin solusinya bisa didapat dengan mudah.
Karena panik biasanya hal-hal simpel seperti mencari dongkrak, lubang tow hook, sampai ban serep di mobil jadi hal yang sulit. Karena itu simpan pengetahuan ringkas ini di ponsel Anda, siapa tahu bisa menjadi petunjuk saat berada di situasi darurat saat berkendara.
Posisi ban serep biasanya berapa di bagian bawah luar dek mobil belakang. Atau disimpan di balik tutup dek di bagasi dalam kabin.
Kunci roda bisa ditemukan di balik dinding panel bagasi belakang, tinggal buka penutupnya saja. Jika ban serep berada di kabin, maka kunci roda juga bisa ditemukan di dekat ban serep.
Dongkrak bisa ditemukan di balik dinding panel bagasi belakang. Biasanya terkunci pada dudukan khusus biar tidak mudah goyah dan menimbulkan suara. Jika ban serep berada di kabin, maka dongkrak juga bisa ditemukan di dekat ban serep.
Untuk menyalakan mobil dengan kunci manual pada mobil keyless, maka anak kunci menyatu pada kunci keyless yang bisa dibuka hanya dengan menggeser pengaitnya.
Besi tow hook untuk menarik mobil biasanya menyatu dengan penempatan kunci roda di balik dinding panel bagasi belakang.
Lubang tow hook ketika akan menarik mobil, berada di balik bumper depan dan belakang. Biasanya ditandai dengan bagian kecil pada bumper yang bisa dibuka.
Kotak P3K biasanya disimpan di laci dasbor atau laci penyimpanan di bawah jok depan kiri.
Saat terkunci di dalam mobil dan mengharuskan memecahkan kaca secara cepat, maka bisa dilakukan dengan menggunakan besi headrest jok depan.
Berita Terbaru


09 Juni 2025
Fitur Mode Berkendara pada Mitsubishi Xforce: Adaptasi Terbaik untuk Berbagai Medan
Pemilik Mitsubishi Xforce dimanjakan dengan adanya fitur drive mode yang memudahkan. Fitur drive mode (mode berkendara) pada Mitsubishi Xforce adalah teknologi pintar yang memungkinkan pengemudi menyesuaikan performa mobil sesuai kondisi jalan. Dengan fitur ini, mobil bisa mengoptimalkan traksi, stabilitas, dan respons mesin agar tetap nyaman dan aman di berbagai medan.

09 Juni 2025
Jangan Asal Pakai, Ini Waktu Tepat Gunakan Lampu Hazard pada Mobil
Setiap mobil pasti memiliki fitur dan teknologi yang dirancang untuk kenyamanan serta keamanan pengendaranya, salah satunya adalah lampu hazard. Lampu hazard pada mobil memang dirancang untuk memberi tanda bahwa ada bahaya atau keadaan darurat yang sedang dialami oleh sebuah mobil.

09 Juni 2025
Nitrogen vs Angin Biasa, Mana yang Lebih Tepat untuk Mengisi Ban Mobil?
Mengisi angin ban menjadi salah satu kegiatan rutin yang perlu dilakukan pengemudi mobil agar mobil tetap nyaman dikendarai. Namun pernahkah Anda bingung, harus mengisi angin ban mobil dengan nitrogen atau cukup angin biasa? Banyak orang penasaran, apakah benar-benar ada manfaat besar pada ban mobil dengan mengisi nitrogen dibanding angin biasa (udara bertekanan)? Jawabannya ternyata tergantung pada kebutuhan dan kondisi penggunaan mobil Anda.

09 Juni 2025
Bahaya Tidur di dalam Mobil yang Berhenti dengan Kondisi AC Menyala
Saat di perjalanan, terutama di perjalanan jauh, terkadang mobil akan melakukan pemberhentian untuk beberapa keperluan. Seperti berhenti di rest area, untuk mengisi bensin atau untuk sekedar mengecek beberapa kondisi pada mobil. Meski terkesan sepele, namun penting untuk diketahui pengemudi agar mematikan mesin mobil secara menyeluruh saat berhenti terutama saat ada yang sedang tertidur.