Begini Cara Dan Aturan Posisi Duduk Ergonomis Saat Mengemudi

Keselamatan dan kenyamanan selama mengemudi mobil salah satunya datang dari cara dan posisi mengemudi lho! Posisi duduk saat mengemudi itu ada cara dan aturan sehingga mencapai sisi ergonomis, yang membuat pengemudi merasa nyaman dan tentunya aman selama di perjalanan. Tapi perlu diingat, melakukan pengaturan posisi duduk harus dilakukan sebelum memulai mengemudi. Lalu bagaimana caranya?

  1. Pastikan punggung menempel dengan backrest atau sandaran jok. Selain itu, sesuaikan sandaran sehingga bersandar pada sudut sekitar 100 derajat.  Duduk bersandar pada sudut ini akan menurunkan tekanan pada punggung bagian bawah sehingga akan membuat aktivitas mengemudi menjadi nyaman. Perlu diingat, sebaiknya atur posisi duduk seperti itu sebelum melakukan perjalanan agar Anda merasa nyaman.
  2. Posisi kaki saat mengemudi tidak boleh terlalu menekuk dan tidak boleh pula terlalu lurus. Posisi kaki yang tepat saat mengemudi akan mencegah nyeri lutut. Atur posisi kaki ini dengan menyetel maju mundur jok pengemudi. Di keluarga Mitsubishi Xpander dan Xforce penyetelan posisi jok dilakukan dengan tuas manual, sedangkan di Pajero Sport penyetelan dapat dilakukan dengan fitur elektrik. Dalam pengaturan ini pastikan posisi kaki tepat.
  3. Tinggi rendahnya jok harus disesuaikan dengan postur tubuh. Posisikan kursi hingga pinggul sejajar dengan lutut dan angkat kursi lebih tinggi jika tidak dapat melihat dengan jelas kaca depan. Sebaiknya jangan mengemudi dengan pinggul lebih rendah dari lutut Anda karena akan menyumbat peredaran darah ke kaki. Pada semua model mobil Mitsubishi Motors sudah memiliki pengaturan ketinggian kursi, baik secara elektrik atau manual.
  4. Posisi tangan berperan penting yang akan mengendalikan roda kemudi dan tuas persneling. Ada baiknya untuk berpegang teguh pada aturan posisi arah jam 9 dan arah jam 3 saat memegang setir. Selain itu pengaturan posisi lingkar kemudi sesuaikan dengan tinggi postur badan, dengan mengatur fitur Tilt and Telescopic Steering yang ada di semua mobil Mitsubishi Motors.
  5. Jangan dilupakan adalah pengaturan jarak pandang spion tengah dan samping. Center mirror punya domain area tengah, berarti pengendara harus bisa melihat citra lurus ke area belakang. Sementara itu pengaturan spion samping harus memperlihatkan lebih banyak area belakang ketimbang bodi mobil (⅕), tujuannya agar mengurangi blind spot  ke samping kiri dan kanan mobil.

Dengan mengikuti cara dan aturan posisi duduk ergonomis di atas, maka bisa dipastikan pengemudi tidak akan merasa cepat lelah. Apalagi dengan semua fitur jok yang ada pada mobil-mobil Mitsubishi Motors, membuat pengaturan jok menjadi lebih fleksibel sesuai postur tubuh penggunanya.

BACA JUGA

Artikel Menarik Lainnya