Destinasi Liburan Menjelajah ke Bali Barat dan Utara

Wisata di Bali memang bukanlah sesuatu yang baru, karena Bali sudah menjadi tujuan wisata baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Tapi tahukah Anda jika Bali bukan hanya Kuta, Sanur, Ubud atau bahkan Kintamani? Masih banyak pesona alam Bali lainnya yang dapat dieksplorasi bersama Mitsubishi kesayangan.

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana berbeda di Bali, mengunjungi bagian ujung barat dan utara Pulau Bali tentu menjadi suatu petualangan baru. Terutama bagi Anda yang gemar menjelajah di alam bebas. Karena bagian barat dan utara Bali masih menyediakan banyak destinasi wisata alam yang cantik dan terawat.

Di Bali Barat dan Utara, fasilitas yang tersedia juga sudah sangat lengkap. Mulai dari penginapan dan resort, restoran dengan masakan tradisional yang nikmat, aktivitas air, sampai pemandangan alam yang sangat mempesona.

Beberapa waktu lalu, tim Mitsubishi Motors Indonesia berkesempatan untuk mengunjungi daerah wisata di Bali Barat dan Utara bersama Pajero Sport. Kami menempuh perjalanan dari Denpasar menuju Bali Barat dengan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam di lalu lintas normal.  Daerah Bali Barat juga dapat dijangkau jika Anda menyeberang dari Banyuwangi ke Gilimanuk.

Nah, di mana saja tempat tempat menariknya? Ini beberapa destinasi di Bali Barat dan Utara yang bisa menjadi destinasi liburan Anda berikutnya bersama keluarga.

Taman Nasional Bali Barat
Di Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Anda akan dimanjakan pemandangan rimbunnya hutan lebat, jernihnya air laut, indahnya hamparan pantai, hingga pegunungan menghijau.

Seperti halnya taman nasional lainnya, di sini Anda dapat menikmati beragam jenis flora dan fauna liar, termasuk yang berstatus langka, dilindungi maupun tidak. TNBB juga merupakan habitat burung elok jalak bali yang diketahui sebagai spesies endemik Pulau Bali. TNBB juga dikenal sebagai kawasan pelestarian alam yang dikelola dengan sistem zonasi.

Taman ini dilengkapi dengan perpaduan lengkap antara dua ekosistem yakni darat dan laut. Ekosistem darat meliputi ekosistem hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan hujan dataran rendah, evergreen, savana, dan ekosistem river rain forest. Sedangkan tipe ekosistem laut meliputi ekosistem coral reef, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal dan perairan laut dalam.

Berbagai akomodasi dan fasilitas tersedia di TNBB, mulai dari pemandu wisata, pondok jaga, pondok wisata, menara pandang, jalan setapak hingga penyewaan peralatan selam dan speedboat guna memudahkan wisatawan.

Pulau Menjangan
Wilayah barat pulau Bali juga terdapat sebuah tempat yang bisa memikat mata pada pandangan pertama, yaitu Pulau Menjangan. Pulau ini adalah masih satu kawasan dari Taman Nasional Bali Barat.

Terkenal dengan keindahan alamnya, pantai ini bisa menjadi salah satu referensi Anda untuk bisa berburu matahari terbit. Selain panorama alam yang indah, kawasan ini juga memiliki spot diving terindah di Bali. Pulau ini adalah perpaduan yang sempurna antara pantai pasir putihnya yang bersih dan keindahan panorama bawah laut yang masih sangat alami, serta keberagaman hayati yang melimpah.

Untuk mencapai pulau Menjangan ini Anda harus menaiki kapal cepat dengan waktu antara 30-40 menit dari Pelabuhan Lalang di Teluk Terima. Alternatif lain adalah naik perahu dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang, bersebelahan dengan Mimpi Menjangan Resort.

Sepanjang perjalanan menggunakan kapal cepat ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan biru serta jernihnya air laut dan juga pemandangan gunung api di Jawa Timur hingga Prapat Agung. Di Pelabuhan Lalangan sudah tersedia berbagai paket diving komplit yang bisa Anda pilih sesuai budget. Harga paket ini terdiri dari sewa kapal, pemandu wisata, asuransi, dan  sewa peralatan diving atau snorkeling.

Pulau Menjangan terkenal dengan wall-divingnya. Wall-diving adalah salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Tebing bawah laut di Pulau Menjangan memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter, bahkan lebih. Meskipun terkenal dengan wall diving-nya, Pulau Menjangan memiliki banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter. Anda akan menemukan banyak ikan jenis gorgonial fanfish di sini. Kondisi perairan di sini cukup tenang sehingga jarak pandang Anda bisa mencapai 50 meter di kondisi cuaca tertentu.

Octagon Ocean Club, Plataran Menjangan Resort
Di tengah alam liar, Anda akan menemukan sebuah resort luas tersembunyi di tengah hutan Taman Nasional Bali Barat. Plataran Menjangan Resort terletak di pesisir pantai dengan bangunan bergaya Mediterania. Resort luas ini memiliki Octagon Ocean Club berlantai tiga khas yang langsung menghadap ke laut dan Pulau Menjangan di sekelilingnya.

Seperti namanya, klub ini dibangun menyerupai oktagon untuk mendapatkan panorama 360 derajat dari taman nasional dan laut di depannya. Anda tidak boleh melewatkan infinity pool sepanjang 33 meter yang menghadap ke laut di depannya, tempat yang pas untuk bersantai sambil menikmati sore hari.

Pantai Lovina
Setelah bertamasya ke Bali Barat, kami menyambangi Pantai Lovina di Bali Utara, jaraknya sekitar 60 km dari Taman Nasional Bali Barat. Berlokasi di kawasan Singaraja bagian utara Pulau Bali, Pantai Lovina menyajikan keindahan sunrise yang cantik. Yang membuat Pantai Lovina semakin unik karena saat Anda beburu matahari terbit, Anda akan ditemani lumba-lumba yang sedang berenang di laut lepas. Anda bisa menyaksikannya sekitar pukul 06.00 hingga 08.00 WITA. Setelah itu, Anda juga bisa melanjutkan aktivitas snorkeling.

Siapkan biaya sewa perahu sekitar Rp 60 ribu sampai Rp 100 ribu per orang tergantung dari kesepakatan dengan pemilik perahu. Jika beruntung, kawanan lumba-lumba terlihat cukup dekat dengan perahu Anda. Sehingga Anda bisa menyaksikan dan mengabadikan momen berdekatan dengan lumba-lumba. Momen mengejar dan melihat dari dekat kawanan mamalia ini kira-kira berlangsung sekitar 3 jam.

Siap Berkendara Bersama Mitsubishi Motors.

buka shopping tools

article menarik lainnya

my mitsubishi

shopping tools