Mitsubishi Motors Bangkitkan Ralliart untuk Dua Model Spesial Pajero Sport dan Triton

Mitsbishi Motors Corporation (MMC) belum lama ini menghidupkan kembali merek Ralliart yang legendaris di ajang balap. Sebagai produk pertamanya, MMC merilis model Triton Ralliart dan Pajero Sport Ralliart sebagai edisi khusus.


Kedua model edisi spesial ini akan dihadirkan pada ajang Thailand International Motor Expo 2021 di Bangkok yang digelar dari tanggal 1 Desember hingga 12 Desember 2021. Untuk penjualan Triton Ralliart dan juga Pajero Sport Ralliart ini mulai tersedia Desember 2021 dan hanya khusus pasar Thailand saja.


Ralliart adalah merek ikonik dari MMC yang memiliki sejarah panjang di ajang balap reli, khususnya World Rally Championship (WRC) dan juga Dakar Rally. Ralliart adalah divisi khusus motorsport dari MMC yang memang fokus untuk pengembangan mobil balap Mitsubishi selama bertahun-tahun.


Mitsubishi di era 1970 hingga 2000-an memang terkenal dengan prestasi di balap reli dunia seperti World Rally Championship (WRC) dan juga Dakar Rally. Namun, Ralliart ini awalnya bukan menjadi bagian dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Jepang. Tapi berawal dari Andrew Cowan yang juga pembalap Mitsubishi Motors di ajang reli dan berhasil meraih juara kompetisi Southern Cross Rally tahun 1972.


Nah, Andrew Cowan kemudian mendirikan Ralliart Europe di tahun 1983 untuk mengurusi mobil-mobil reli Mitsubishi di kejuaraan Eropa. Ralliart Europe ini juga dikenal dengan nama Andre Cowan Motorsport, yang pada akhir 1980-an sukses dengan Galant VR-4 kemudian dilanjutkan nama besar Lancer Evolution di ajang reli pada 1990-an.
Berbekal kemenangan demi kemenangan, akhirnya MMC pun menjadikan Ralliart sebagai divisi khusus performa dan balap dari Mitsubishi Motors. Tak hanya itu, tapi Ralliart juga memproduksi aksesoris dan spare part untuk kompetisi yang dijual untuk umum.
Ralliart hadir untuk mengakomodir kebutuhan konsumen yang ingin memodifikasi mobil Mitsubishi mereka. Produk yang dijual pun sangat beragam, mulai dari kelengkapan eksterior seperti misalnya roof air vent kit, under guard, tunk guard, differential guard, under floor guard, hingga pintu bermaterial serat karbon.


Bukan cuma sektor eksterior saja, beragam part berperforma tinggi pun turut dijual. Part tersebut meliputi sistem pengereman, suspensi, drivetrain hingga ke elektrikal dan juga ke sektor mesin dan komponennya.


Mengingat Ralliart mengerjakan mobil balap reli Mitsubishi, sehingga part yang tersedia banyak untuk mobil Mitsubishi Evolution saja hingga Evolution X. Tapi bukan itu saja, Ralliart juga sempat memberikan sentuhannya untuk edisi khusus dari mobil massal Mitsubishi seperti Mitsubishi Colt GTO, Mitsubishi Galant Fortis Ralliart dan juga Mitsubishi Pajero.


Sayangnya, kejayaan Ralliart dan juga Mitsubishi harus berakhir di 2010 silam, di mana Mitsubishi Motors juga menghentikan produksi Lancer Evolution dengan hadirnya Evolution X Final Edition.



Mitsubishi Bangkitkan Lagi Ralliart


Untuk menghormati merek Ralliart dan semua karyanya di ajang motorsport, kembalinya merek Ralliart ini akan dimulai dari penjualan aksesoris dan menyediakan kebanggaan tersendiri yang hanya bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan Mitsubishi.


Edisi khusus Ralliart untuk Triton dan Pajero Sport ini adalah bagian dari strategi global MMC, yang memang dilengkapi dengan aksesoris spesial termasuk decal samping yang berwarna merah, silver, dan hitam. Tersedia juga mud flap berwarna merah yang mengingatkan mobil reli Mitsubishi yang memiliki sejarah panjang, serta juga aksesoris lain yang terdapat pada eksterior dan juga interior dengan logo Ralliart.


“Kami sangat bangga untuk bisa mengembalikan merek dan produk Ralliart untuk para pecinta Mitsubishi Motors dan juga Ralliart,” ungkap Takao Kato, President and Chief Executive Officer MMC.


“Dimulai dengan edisi spesial Ralliart di Thailand ini, kami berencana untuk menghadirkan produk Ralliart lain seecara bertahap. Kami juga ingin mengadakan aktivitas menarik ke depannya, sehingga para pecinta Mitsubishi bisa merasakan langsung semangat Ralliart kami. Mohon tunggu edisi berikutnya dari kebangkitan Ralliart, masih banyak yang akan kami luncurkan.”


Setiap model Triton Ralliart dan Pajero Sport Ralliart akan didominasi dengan decal pada bagian samping dengan paduan garis warna merah, silver, dan hitam serta mud flap lengkap dengan logo Ralliart. Selain itu, gril depan dan pelek semuanya berwarna hitam untuk membedakan dengan versi standarnya. Untuk bagian interior, karpet lantai juga memiliki logo Ralliart dan aksen merah sehingga terlihat lebih sporty dan spesial.



Mitsubishi Triton Ralliart

Triton Ralliart mengambil basis dari varian terendah di Thailand yaitu Triton Club Cab (mega Cab) dan juga Double Cab. Untuk memperkuat kesan dinamis serta sporty, Triton Ralliart edisi khusus ini juga dibekali dengan garnis beraksen merah di bumper depan dan bed liner 

dengan logo Ralliart.
Sebagai tambahan, model two tone juga memiliki warna hitam pada kaca spion, pegangan pintu, handle pintu bagasi dan juga bumper belakang hitam (untuk Club Cab).



Ada dua opsi warna untuk Triton Ralliart ini, yaitu warna two-tone Solid White dengan atap hitam, dan juga warna Jet Black Mica.

Untuk sektor dapur pacunya, Mitsubishi Triton Ralliart masih menggunakan mesin diesel standar yaitu 2.5 liter yang menghasilkan tenaga 175 hp, dengan torsi yang mencapai 350 Nm.



Pajero Sport Ralliart

Bagi model Mitsubishi Pajero Sport Ralliart ini terlihat lebih menggabungkan kesan agresif dan sporty dengan desain elegan SUV. Pajero Sport Ralliart ini mendapat sentuhan aksen merah pada bagian under garnis depan dan belakang dengan logo Ralliart. Khusus untuk model two-tone juga mendapat fender molding hitam, roof rails hitam, shark fin antenna dan juga tailgate spoiler yang juga berkelir hitam.


Pajero Sport Ralliart ini juga hanya tersedia dalam dua pilihan warna seperti Triton Ralliart, yaitu warna eksterior two-tone Diamond White dengan atap hitam serta warna Jet Black Mica.



Bagian mesin Pajero Sport Ralliart ini juga tidak mendapat sentuhan tambahan, masih menggunakan mesin diesel 2.4 liter turbocharger berteknologi MIVEC. Mesin tersebut menghasilkan tenaga puncak sebesar 181 PS dan torsi maksimal sebesar 430 Nm.


Kedua model yang tersedia dalam edisi khusus Ralliart ini adalah spesifikasi yang dipasarkan di Thailand, di mana spesifikasi setiap negara berbeda tergantung kondisi dan selera pasar.