Pasca Libur Lebaran Jangan Lupa Periksa Kondisi Mobil Agar Tetap Prima

Bagi Mitsubishi Family yang telah melakukan perjalanan jauh selama periode libur Lebaran ini, ada baiknya tetap melakukan pengecekan terhadap kendaraanya di bengkel resmi Mitsubishi. Hal ini penting dilakukan agar kondisi mobil tetap prima setelah menempuh perjalanan jauh, apalagi jika mobil tersebut akan kembali digunakan untuk menunjang aktivitas Mitsubishi Family sehari-hari. Tentu Anda tidak ingin performa mobil menurun karena tidak dirawat setelah pergi mudik.

Bagi pemilik mobil pemeriksaan setelah mudik bisa dilakukan sebelum waktu bekerja. Misalnya memanfaatkan akhir pekan sebelum kembali beraktivitas untuk membawa mobil ke bengkel resmi Mitsubishi. Apa saja yang wajib dicek? Simak bagian-bagian yang perlu diperhatikan setelah menempuh perjalanan jauh ini.

Pertama tentunya adalah melihat kondisi pelumas kendaraan. Jika sebelum pergi mudik Anda sudah melakukan pergantian pelumas, sebaiknya tetap dilakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran atau tidak. Pertama melihat kondisi pelumas melalui dip stick, dan setelah itu melihat apakah bagian di sekitar mesin ada yang basah akibat rembesan oli atau tidak.


Khusus bagi kendaraan bermesin diesel, sebaiknya diperiksa juga filter bahan bakarnya. Penggunaan bahan bakar selama mudik dengan berbagai kondisi membuat filter bahan bakar ini rentan kotor. Penggantian filter secara rutin juga meminimalkan kotoran masuk ke dalam proses pembakaran.

Kemudian pemeriksaan yang penting setelah mesin adalah periksa kaki-kaki kendaraan. Beragam kondisi jalan membuat bagian ini rentan terpengaruh dan membutuhkan pemeriksaan menyeluruh. Pemeriksaan kaki-kaki cukup mudah. Bagian shockbreaker misalnya, pemilik cukup melihat dan meraba bagian tabung. Jika ada rembesan oli bisa jadi piranti mengalami kerusakan.

Bagian kaki-kaki juga meliputi kondisi ban. Setelah pemakaian mudik cek kondisi tekanan ban, juga tidak lupa melihat Tread Wear Indicator (TWI) berupa segitiga untuk melihat tingkat keausan ban. Terakhir komponen pengereman. Periksa ketebalan kampas rem setelah mudik karena kondisi perjalanan yang memaksa rem bekerja keras.

Kemudian yang terakhir adalah bersihkan bagian dalam mobil. Karena selama perjalanan kabin mobil menjadi seperti rumah kedua. Untuk itu pasti banyak sisa-sisa makanan di dalam kabin, jika dibiarkan kotoran ini akan menjadi kuman penyakit. Untuk itu sebaiknya bersihkan kabin mobil secara menyeluruh dengan menggunakan vacuum cleaner. Jika Anda masih lelah, bisa sambangi bengkel detailing agar kondisi mobil kembali bersih dan segar.

Selamat beraktivitas kembali ya Mitsubishi Family.

Siap Berkendara Bersama Mitsubishi Motors.

buka shopping tools

article menarik lainnya