Rifat Sungkar dan Pembuktian Ketangguhan Mitsubishi Xpander di Ajang Reli

Hadirnya Mitsubishi Xpander sebagai mobil keluarga di segmen Small MPV dua tahun silam memang menjadi fenomena. Selain respon yang positif dan konsumen Indonesia, Mitsubishi Xpander ini juga mencatat prestasi penjualan yang menjadi rekor bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Apalagi saat Mitsubishi Xpander ini berhasil membuat Indonesia, khususnya MMKSI, sebagai penyumbang angka penjualan Mitsubishi nomor satu di seluruh dunia.

Prestasi Mitsubishi Xpander tidak cukup berhenti di situ, karena pereli nasional yang juga brand ambassador Mitsubishi di Indonesia, Rifat Sungkar, memiliki ide yang cukup ‘liar’ dengan menjadikan mobil keluarga ini sebagai mobil reli. MMKSI turut mendukung ambisi Rifat sehingga terciptalah Xpander Rally Team (XRT) yang hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Rifat mengatakan jika Xpander ini sudah terbukti sebagai mobil keluarga yang nyaman dan sarat akan fitur. Tapi terlepas dari itu, Rifat ingin agar Xpander juga terbukti sangat tangguh karena mampu membuktikan Small MPV ini sebagai mobil reli. Mitsubishi Xpander AP4 ini memang menjadi mobil MPV satu-satunya di dunia yang dijadikan mobil reli.

“Ya, ini mobil MPV pertama di dunia yang ikut dalam ajang balap reli,” jelas Rifat.

Ternyata Rifat memiliki alasan yang kuat mengapa Xpander bisa dijadikan mobil reli. Rifat berkeyakinan karena melihat Xpander memiliki keseimbangan sasis yang sangat baik sehingga mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4.

“Xpander ini mengadopsi konstruksi dari Mitsubishi Lancer Evo X yang menjamin handling mobil ini akan sangat baik ketika digunakan. Handling yang baik ini bukan tanpa alasan, karena Xpander memiliki cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang. Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat Xpander menjadi sempurna. Ini adalah salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli,” tambah Rifat.

Berbicara mengenai AP4, ini adalah inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik. Menurut Rifat, hal istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA. Sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

“Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600 cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan.”

Tujuan Rifat Bersama Xpander Rally Team ini adalah mengembalikan kejayaan reli Indonesia karena menghadirkan generasi mobil terbaru dengan teknologi yang untuk pertama kalinya diterapkan di sebuah mobil MPV. Tentunya Rifat berharap dengan Xpander AP4 ini mampu membuktikan bahwa Mitsubishi Xpander bukan sekedar mobil keluarga biasa, melainkan bisa menjadi mobil yang atraktif untuk digunakan dalam setiap situasi dan kondisi.

"Harapan saya dan MMKSI adalah agar Xpander AP4 tak hanya juara sebagai mobil keluarga atau operasional namun juga juara di setiap kompetisi yang diikuti dengan R&D yang sangat serius yang telah dilakukan beberapa waktu terakhir," tutup Rifat.

Mitsubishi Xpander AP4 direncanakan turun di kejuaraan NZRC Goldrush Rally of Coromandel di Selandia Baru pada 17 Agustus 2019 mendatang. Selain terjun di Selandia Baru, Xpander AP4 ini juga akan ambil bagian di Kejurnas Sprint Rally Putaran 2, Meikarta Sprint Aspal, dan Kejurnas Sprint Rally Putaran 3 sampai 5.


Spesifikasi Mitsubishi XPANDER AP4

Engine: Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600cc)

Horse Power: 350 HP

Torque: 410 ft/lbs

Wheels: 15 x 7 Speedline

Tire: Dellium RG4

Weight Distribution: 55/45


Artikel Menarik Lainnya