16 Mei 2025
MMKSI Optimis Hadapi Tantangan Pasar Otomotif Indonesia Tahun 2025

Jakarta, 16 Mei 2025 – Tahun 2024 merupakan tahun yang penuh tantangan dan kompetisi bagi industri otomotif nasional, termasuk merek Mitsubishi Motors di Indonesia. Ini dibuktikan dengan data retail capaian penjualan mobil sepanjang 2024 yang tercatat 889.680 unit, atau turun 10,9% dibandingkan dengan periode sebelumnya tahun 2023. Terlepas dari hal tersebut PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada tahun fiskal 2024 berhasil mencatat penjualan 71.451 unit pada periode April 2024 – Maret 2025, dan menjaga posisi pangsa pasar positif di tiap segmen pasar otomotif Indonesia sebesar 8,2%. Capaian tersebut terdiri dari penjualan kendaraan penumpang sebanyak 49.559 unit, dan kendaraan niaga ringan sebanyak 21.892 unit dengan rincian sebagai berikut:
Kategori | Model | FY2024 (April 2024 – Maret 2025) | |||
Unit | Pangsa Pasar | Segmen | |||
Kendaraan Penumpang (PC) | Xpander | 18.853 | 23% | Small MPV/ Low SUV | |
Xpander Cross | 11.495 | ||||
Xforce | 7.108 | 14% | Small SUV | ||
Pajero Sport | 12.100 | 40% | Medium SUV | ||
Total PC | 49.559 | 7,6% |
| ||
Kendaraan Niaga Ringan (LCV) | Triton 4x4 | 9.568 | 40% | Small Pick-Up 4x4 | |
| L300 | 12.123 | 47% | Small Pick-Up 4x2 | |
| Model Lainnya | 201 | - | BEV, mini car, lainnya | |
Total LCV | 21.892 | 15% |
| ||
Total PC + LCV | 71.451 | 8.2% |
| ||
Sisi purnajual MMKSI juga meraih capaian positif, di mana pada tahun 2024 total kendaraan datang ke diler resmi untuk melakukan servis dan perawatan - naik sebesar 3%. Selain itu, pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris dan genuine part naik sebesar 2% dibandingkan dengan tahun fiskal 2023. Dari sisi skor indeks kepuasan konsumen / Customer Satisfaction Index (CSI), MMKSI menerima peningkatan sebesar 13 poin dari sebelumnya di tahun 2023. Lalu berkat penerapan “Passion to Care’” melalui layanan secara menyeluruh di tahun 2024, Net Promotor Score (NPS) MMKSI naik 22,7 poin dibanding tahun sebelumnya, dengan skor akhir 66,7 poin. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.
Dari hasil survey internal yang dilakukan oleh MMKSI pada akhir 2024 terkait persepsi masyarakat terhadap brand Mitsubishi Motors, diketahui bahwa Mitsubishi Motors menjadi salah satu brand yang berada di posisi tiga besar merek teratas yang dipikirkan konsumen Indonesia. Sedangkan dari sisi model kendaraan, semua model Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia berada di posisi tiga besar teratas tiap segmennya, mulai dari segmen small-MPV, small-SUV, Mid–SUV, hingga model-model kendaraan niaga ringan.
“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada konsumen setia Mitsubishi Motors, rekan media masa nasional, serta seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia, sehingga dapat melewati berbagai tantangan ada di tahun 2024 dan meraih capaian positif. Kami sangat bersemangat tahun ini, dikarenakan 2025 menjadi tahun yang menandai kehadiran Mitsubishi Motors ke-55 tahun, tumbuh berkembang dan berkontribusi kepada masyarakat Indonesia. Pada tahun ini, kami juga akan memperkenalkan model baru yang akan menjadi salah satu unggulan kami di pasar Indonesia. Sekaligus pada event ini kami meluncurkan penyegaran model New Xpander dan New Xpander Cross agar tetap aktual dalam mengakomodasi preferensi konsumen. Dengan semangat perayaan ‘Celebrate Every Journey with Mitsubishi Motors’ serta bekal pengalaman panjang dan reputasi sebagai merek yang dapat diandalkan dan dipercaya kami bertekad untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang khas namun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat, dapat menemani serta mendukung beragam aktivitas pengguna dalam mengejar cita dan tujuan dalam hidup,” ungkap Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI.
Target dan Strategi MMKSI 2025
Untuk tahun 2025, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah memproyeksikan penjualan mobil baru sebanyak 900.000 unit. Proyeksi ini menjadi dorongan tersendiri bagi MMKSI untuk mempertahankan eksistensi merek Mitsubishi Motors, dan meningkatkan kualitas serta keandalan pada sisi produk, layanan penjualan, dan purna jual terbaik kepada konsumen di pasar otomotif di Indonesia.
Tahun 2025 juga sekaligus menandai 55 tahun kehadiran Mitsubishi Motors tumbuh, berkembang, dan berkontribusi bersama masyarakat di Indonesia. Sesuai dengan brand message “Life’s Adventure – Empowering Every Journey” yang merupakan esensi dari jati diri Mitsubishi Motors di Indonesia selama 55 tahun, Mitsubishi Motors telah menjadi salah satu pelopor inovasi dan membantu para konsumen melewati beragam tantangan hidup sekaligus meraih berbagai peluang. Dengan pengalaman lebih dari lima dekade, teknologi canggih, servis purnajual yang andal, serta kepercayaan yang telah dibangun. Mitsubishi Motors berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dalam menjalankan bisnisnya, serta terus memberikan pengalaman yang lebih baik dan seamless untuk para konsumen Mitsubishi Motors baik dari sisi penjualan maupun purnajual, sekaligus berkontribusi kepada masyarakat di Indonesia.
Pada sisi penjualan, MMKSI menargetkan penjualan unit kendaraan tahun 2025 dapat melebihi capaian tahun 2024, dengan pangsa pasar 10%. Untuk mencapai target penjualan tersebut MMKSI akan peluncuran model-model baru unggulan, termasuk model yang benar-benar baru pada tahun ini, mempermudah konsumen dalam proses kepemilikan kendaraan dengan menyediakan berbagai pilihan program penjualan menarik, antara lain seperti, uang muka ringan - bunga ringan – lucky draw - hingga dukungan program pembiayaan. Sekaligus pada event media gathering ini MMKSI meluncurkan penyegaran model untuk New Xpander dan New Xpander Cross.
Selain itu MMKSI akan meningkatkan frekuensi event pameran setiap bulan di berbagai daerah di Indonesia. Bersama diler, MMKSI akan berusaha untuk meningkatkan pembelian kembali dari target konsumen baru, maupun konsumen-konsumen loyal model backbone, seperti Xpander, Pajero Sport, Xforce, L300, dan juga Triton. serta menggarap kembali potensi penjualan fleet dengan model terutama untuk projek-projek besar.
Dari sisi peningkatan pengalaman konsumen, MMKSI memastikan ketersediaan dan keterjangkauan kualitas terbaik di setiap tahap titik interaksi dengan konsumen. Mulai dari layanan pembelian hingga purna jual, baik melalui aktivitas offline – tatap muka, hingga aktivitas berbasis online dan digital secara mulus, sehingga konsumen dapat merasakan manfaat dari kemudahan mendapatkan layanan MMKSI. Kepastian ketersediaan layanan dengan standar Mitsubishi Motors untuk konsumen di seluruh Indonesia akan dilanjutkan dengan penambahan 13 jaringan diler menjadi total 188 outlet, yang didukung 29 fasilitas Mitsubishi Bodi & Cat, serta 5 authorized part shop pada akhir tahun fiskal 2025. Kesemua layanan dan fasilitas yang disediakan MMKSI akan dapat dirasakan dan berjalan maksimal untuk konsumen dengan kualitas humanware yang mumpuni. Untuk itu MMKSI akan terus meningkatkan kualitas humanware berbasis hasil survey yang dilakukan melalui aspek indeks kepuasan penjualan, indeks kepuasan konsumen, skor loyalitas konsumen, dan juga evaluasi fasilitas diler.
Guna mendukung kualitas hidup pengguna diberbagai aktivitas dan kegiatan dengan memastikan kondisi kendaraan konsumen dalam kondisi baik dengan melakukan perawatan resmi di bengkel resmi Mitsubishi Motors, MMKSI memperkirakan jumlah kedatangan unit untuk melakukan servis di bengkel resmi Mitsubishi Motors (Service Incoming Unit/ SIU) akan mencapai terus naik, begitu pula dengan penjualan suku cadang resmi, dan juga skor CSI.
Kaleidoskop MMKSI Tahun 2024
Sepanjang tahun 2024, beragam inovasi produk dan layanan terbaik telah disediakan Mitsubishi Motors untuk Masyarakat Indonesia. Dari sisi produk MMKSI menghadirkan All New Triton, New Pajero Sport, L100 EV, Xforce Ultimate DS, serta seri Limited Edition untuk Pajero Sport dan Xpander Cross.
Pada program penjualan, MMKSI menghadirkan program penjualan menarik yang berlaku tiap bulan dan memudahkan proses kepemilikan kendaraan konsumen, MMKSI juga meluncurkan inovasi program seperti referral program, yang merupakan program apresiasi terhadap konsumen yang merekomendasikan model kendaraan Mitsubishi Motors kepada kolega dan relasinya.
Pada promo dan program purna jual, MMKSI juga menghadirkan program yang berlaku tiap bulan, dan juga program tematik sesuai dengan periode, maupun yang adaptif dengan situasi dan kondisi yang terjadi di Indonesia, antara lain: program Lebaran, promo Imlek/ Angpau, Servis Merdeka, dan perawatan kendaraan musim hujan. Untuk mendukung periode libur Panjang dan hari raya MMKSI juga menyelenggarakan Mitsubishi Motors Adventure point, hingga diler dan bengkel siaga. Kesemuanya dilakukan untuk memastikan konsumen mendapat kemudahan dan kenyamanan untuk melakukan perawatan dan menjaga kondisi mobilnya tetap optimal.
Dari sisi fasilitas dan jaringan layanan, pada tahun 2024 MMKSI melanjutkan perkembangan jaringan diler resmi untuk melengkapi dan memenuhi beberapa daerah di Indonesia dengan pertumbuhan pasar dan kebutuhan layanan baru, dengan penambahan 10 diler resmi Mitsubishi Motors baru (Depok, Morowali, Malang, Berau, Bontang, Pamekasan, Sumedang, Medan, Bengkulu, PIK2), dan 1 Mitsubishi Bodi & Cat baru di Serang. Selain itu, MMKSI juga terus meningkatkan fasilitas digital yang mendukung proses bisnis dan layanan kepada konsumen melalui aplikasi smartphone dan kanal suara konsumen, seperti My Mitsubishi Motors ID (MMID) yang hadir dengan 5 peningkatan termasuk pembaruan dan penambahan fitur, MIRA – virtual assistance chat bot yang semakin responsif, dan Mitsubishi Motors Customer Care. Gerai suku cadang resmi Mitsubishi Motors di platform e-commerce, juga semakin terjangkau dan memudahkan konsumen. Tidak hanya fokus kepada peningkatan layanan di hilir, MMKSI juga melakukan peningkatan pada area hulu layanan yang berfokus pada sumber daya manusia, dengan meresmikan Mitsubishi Motors Training Center di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat yang sekaligus menjadi pusat pelatihan Mitsubishi Motors terbesar di Indonesia dan di Kawasan Asia Tenggara.
Sebagai perusahaan yang berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, MMKSI terus aktif melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikemas dalam 3 (tiga) jenis kegiatan yaitu Mitsubishi Motors Children Program (MCP), Mitsubishi Motors Education Program (MEP), dan Mitsubishi Motors Humanity Program (MHP). Pada tahun 2024, kegiatan CSR MMKSI dibuka dengan CSR cause marketing Kid’s Life Adventure Park pada Sabtu, 13 Januari 2024, dengan tajuk “Petualangan Akhir Pekan”, untuk memberikan pengalaman baru dan ilmu keterampilan bermanfaat yang melibatkan 300 anak kurang mampu dari usia 7-15 tahun. Dilanjutkan dengan CSR MEP pada Februari 2024, dengan mendonasikan 5 unit kendaraan Mitsubishi Motors kepada 5 sekolah jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di Indonesia. Triton Educar dilaksanakan dengan tajuk “Petualangan Ngabuburit Akhir Pekan” yang berlangsung sebanyak 4 kali pada bulan Ramadan (Maret 2024) dan melibatkan lebih dari 400 anak dari 6 yayasan sosial dan panti asuhan. CSR MCP dilaksanakan pada 26 Agustus 2024 di Dunia Fantasi Ancol, berbagi keceriaan, memberikan pengalaman baru dan kenangan berharga, kepada 100 anak yatim piatu dari tiga panti asuhan wilayah Jabodetabek.
MMKSI mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan rekan media massa di Indonesia untuk kontribusi pemberitaan positif mengenai update MMKSI dan Mitsubishi Motors di Indonesia. Kami berharap MMKSI dan Mitsubishi Motors dapat terus berkontribusi secara positif untuk kemajuan industri otomotif nasional dan juga kemajuan masyarakat.