KONTES NASIONAL MENINGKATKAN PERFORMA SDM DILER MITSUBISHI MOTORS

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sangat mengutamakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjalankan seluruh proses bisnis, terutama SDM yang berhubungan langsung dengan para konsumen. Salah satunya upayanya adalah mengadakan kontes nasional meningkatkan performa SDM diler Mitsubishi Motors (National Contest) yang dihelat pada 24-25 Januari 2023 silam di Jakarta.

Agenda ini juga menjadi salah satu bentuk apresiasi bagi SDM diler Mitsubishi Motors yang selalu menjaga dan meningkatkan kualitas layanannya kepada para konsumen.

“Kebutuhan konsumen akan produk maupun layanan kami terus berkembang, begitu pun kami yang harus turut menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumen untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kepuasan mereka. Dari sisi layanan, ajang National Contest ini menjadi salah satu upaya kami untuk memastikan diler Mitsubishi Motors beserta SDM-nya memaksimalkan layanan yang ada dan mengimplementasikan standar terbaik yang telah ditetapkan oleh kami. Dengan SDM berkualitas dan juga berkompeten, kami berharap dapat turut meningkatkan kualitas hidup para pengguna produk serta layanan kami dan menemani setiap petualangan hidup mereka sesuai dengan komitmen dan branding ‘Life's Adventure’ kami untuk masyarakat Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura Presiden Direktur PT MMKSI.

Unsur yang diuji dalam ajang ini yaitu menitikberatkan pada kemampuan SDM diler Mitsubishi Motores dalam layanan Sales dan After Sales. Ajang ini memiliki 3 kontes utama yakni Sales Appraisal Program (SAP) yang ditujukan untuk tenaga penjual dengan 4 kategori berbeda (Sales Force, Sales Supervisor, Sales Manager dan Mitsubishi Dealer Trainer/MDT), Dealer Operation Kaizen Contest (DOKC) ditujukan bagi Customer Satisfaction Officer (CSO), dan After Sales Contest yang ditujukan untuk 4 level berbeda (Service Manager, Spare Part Manager, Technician, dan Service Advisor).

Dalam menentukan pemenang, MMKSI telah melakukan penilaian sejak bulan April 2022 serta melakukan beberapa tahapan seleksi yang diselenggarakan secara tatap muka. MMKSI memberikan penghargaan bagi pencapaian yang diraih oleh diler Mitsubishi Motors selama kontes berlangsung. Pelaksanaan agenda ini sejalan dengan branding Life’s Adventure di mana MMKSI berharap dapat terus mendorong diler Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia untuk terus memberikan pengalaman terbaik bagi para konsumen.

BACA JUGA : BERAPA SIH KEBUTUHAN OLI KENDARAAN MITSUBISHI MOTORS?

SALES APPRAISAL PROGRAM

Sales Appraisal Program adalah bagian dari National Contest yang merupakan program kompetisi untuk mendorong diler Mitsubishi Motors untuk terus melakukan Improvement dari aspek Human Ware dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan Mitsubishi Motors di indonesia.

Tahun ini kontes dalam program ini menyelenggarakan beberapa kategori, yaitu kategori Sales Force, SPV, dan Sales Manager, serta kategori baru yaitu Mitsubishi Dealer Trainer atau MDT. Selain itu, MMKSI juga memberikan apresiasi kepada tenaga penjual LCV (Kendaraan Niaga Ringan) yang memberikan kontribusi terbesar di regionalnya masing-masing.

DEALER OPERATION KAIZEN CONTEST

Dealer Operation Kaizen Contest (Customer Satisfaction Officer) dalam National Contest bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan di diler Mitsubishi Motors melalui CSO sebagai agen yang membawa perubahan.

Kontes ini mengusung konsep kaizen/PDCA (Plan-Do-Check-Action), yaitu perbaikan terus-menerus di area yang bersentuhan dengan kepuasan konsumen berdasarkan situasi aktual yang ada di diler. Mencakup nilai perbaikan berkesinambungan dan melibatkan elemen SDM lainnya, mulai dari level operasional hingga manajemen.

Dalam kontes ini, CSO harus mampu menganalisa celah yang dapat diperbaiki berdasarkan observasi kondisi di diler dengan data-data yang tersedia (termasuk suara konsumen), membuat dan menjalankan rencana perbaikan di diler, lalu mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

AFTER SALES CONTEST

After Sales Contest dalam National Contest merupakan program yang dihadirkan sebagai bentuk apresiasi kepada tenaga kerja After Sales dalam menjaga kualitas layanan di diler Mitsubishi Motors dan memahami nilai emosional dan kebutuhan konsumen yang bertujuan untuk membangun ikatan yang kuat antara konsumen dengan brand Mitsubishi Motors.

Pada kontes ini, MMKSI menilai beberapa fungsi di dealer yang terdiri dari Service Manager, Spare Part Manager, Technician, dan Service Advisor. Selain menilai dan mengevaluasi setiap fungsi, MMKSI juga mengukur kemampuan SDM diler Mitsubishi Motors dalam menjalankan tugas utama yaitu proses quality improvement secara terus-menerus dari sisi pelayanan, mulai dari proses penerimaan, perawatan berkala dan penanganan permasalahan kendaraan hingga proses penyerahan kendaraan kepada konsumen dengan mengimplementasikan standar operasional prosedur dan hospitality.

PEMENANG SALES APPRAISAL PROGRAM 2022

RANGKING

LEVEL

SALES FORCE

SALES SUVERVISOR

SALES MANAGER

MDT

1

CINDY BERLIAN H 

PT WICAKSANA BERLIAN MOTOR - AHMAD YANI

BANDUNG

AYU AYESHA SANDHEA

PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS - PONDOK CABE

NURYADIN

PT BUMEN REDJA ABADI - SEMARANG

RUBI PURNOMO

PT DWINDO BERLIAN SAMJAYA - BINTARO

2

MELATI RIZKYAH A

PT SUN STAR MOTOR - KOL SUTARTO (SOLO)

DINA

PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF - PADANG

LUCKY SONJAYA

PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS - BANDUNG

ARPAN

PT BERLIAN MAJU MOTOR - PALEMBANG

3

RAHAYU KRISTYAWATI

PT DWINDO BERLIAN SAMJAYA - BINTARO

AGUSTINUS TONY ADE TUKAN

PT SUN STAR MOTOR - A. YANI SURABAYA

RENDRA ANGGRIAWAN S PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS - LENTENG AGUNG

SILVIA KUSUMAWARDANI

PT BUMEN REDJA ABADI - MAGELANG


TENAGA PENJUAL KENDARAAN NIAGA RINGAN PALING KONTRIBUTIF

NAMA

DEALER

ROHENDI

PT SUN STAR PRIMA MOTOR - FATMAWATI

ANTI SISWATI

PT SURYA PUTRA SARANA - CIREBON

FIQRAN

PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF - BALIKPAPAN

BENY SISWANTO

PT SUKA FAJAR - DURI


PEMENANG DEALER OPERATION KAIZEN CONTEST 2022

RANKING

PEMENANG

1

YULISTIA FATMAWATI

PT BUMEN REDJA ABADI - SIDOARJO

MIRANDA PUTRI APRILYANI PT SUN STAR MOTOR - AHMAD YANI

MOKHAMAD SIROJUDIN HASAN

PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS - PANGSUD

2

MEITA DIAH PERTIWI

PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF - MADIUN

FERI OKTAPIYANTO PT GEMILANG BERLIAN INDAH - PONTIANAK

IWAN PRIPAMBUDI

PT SUN STAR MOTOR - MALANG

3

DHYNA SILFANA

PT BOSOWA BERLIAN MOTOR - KENDARI

IWAN SETIAWAN

PT BUDI BERLIAN MOTOR - NATAR

ADI PONCO PRASETYO

PT SUN STAR PRIMA MOTOR - MARGAHAYU, BEKASI


PEMENANG AFTERSALES CONTEST 2022

RANGKING

LEVEL

SERVICE MANAGER

SPARE PART MANAGER

TECHNICIAN

SERVICE ADVISOR

1

ALPRI MANOPPO 

PT MAKASSAR MANDIRI PUTRA UTAMA -  MANADO 

SUYANTO

PT BERLIAN MAJU MOTOR - PALEMBANG 

M. RIZKI ALIBASA & BAYU KUSUMA 

PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF CIPUTAT 

TARMUDI

PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF PLUIT 

2

ASEP SAEPUDIN

 PT SUN STAR PRIMA MOTOR YASMIN 

NOVA RAMADANTI 

PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF CIPUTAT 

CAHYO NUGROHO & DAMAI FAJAR ALI IMPRON PT SUN STAR MOTOR - MT HARYONO SEMARANG

YOPAN ARISANDI

PT LAUTAN BERLIAN UTAMA MOTOR - PANGKAL PINANG 

3

MUHAMMAD MUNIF

PT SUN STAR MOTOR - MT HARYONO SEMARANG


BUDI

PT SARDANA INDAH BERLIAN MOTOR - GATSU (MEDAN) 

ZAINAL MA’RUF & MOHAMMAD FAHRUR RISKY

PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF - JEMBER 

ST NADIA ANGRAINI PT BOSOWA BERLIAN MOTOR - MAKASSAR 


4



DONIE RISWANTO & MUHAMMAD DANY 

PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF - SISINGAMANGARAJA 

WAHYU TRI SETIAWAN 

PT BOROBUDUR OTO MOBIL - ADI SUCIPTO YOGYAKARTA

Artikel Menarik Lainnya