MITSUBISHI MINICAB-MiEV SEGERA DIPRODUKSI DAN DIJUAL DI INDONESIA!

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan kejutan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu, dengan menghadirkan model Minicab-MiEV sebagai model kendaraan listrik (BEV) niaga ringan. Langkah tersebut akan mengukuhkan Mitsubishi Motors sebagai brand otomotif Jepang pertama yang memulai produksi lokal untuk BEV di Indonesia, sekaligus membuat Indonesia menjadi negara pertama di luar Jepang yang menjadi basis produksi mobil listrik kompak Mitsubishi Motors tersebut. Jadi siap-siap, Mitsubishi Minicab-MiEV segera diproduksi dan dijual di Indonesia!

“Untuk memenuhi permintaan EV yang terus meningkat di kawasan ASEAN, kami memutuskan untuk memproduksi kendaraan ini secara lokal di luar Jepang untuk pertama kalinya. Selain terus mendukung perkembangan industri otomotif Indonesia, kami berharap dapat berkontribusi pada inisiatif lingkungan negara,” ucap President and CEO Mitsubishi Motors Takao Kato, seperti dikutip dari automotiveworld.

Untuk memuluskan rencana tersebut, sebelumnya MMKSI sudah melakukan Proof of Concept (POC) Mitsubishi Minicab-MiEV di Indonesia. POC melibatkan beberapa perusahaan besat, untuk memanfaatkan fungsional mobil listrik Mitsubishi itu dalam mendukung operasi bisnis mereka. Di wilayah Jakarta studi bersama dilakukan dengan PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek sebagai bagian dari GoTo Group, dan DHL Supply Chain Indonesia. Sementara itu untuk area Bali telah dilakukan dalam agenda EV Joint Project untuk mendukung operasional salah satu perusahaan yang bergerak penunjang pariwisata yaitu Be Sanur.

Studi bersama yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang memuaskan dalam kaitan untuk mendukung bisnis secara efektif dan efisien, sehingga Mitsubishi Motors akan segera siap untuk menginisiasi segmen pasar baru yang sangat berbeda untuk BEV komersial di Indonesia, tidak hanya untuk menjual, namun juga memproduksi mobil listrik model Minicab-MiEV di fasilitas produksi Mitsubishi Motors yang terletak di Karawang, Jawa Barat pada 2024 mendatang.

BACA JUGA : NATIONAL CONTEST MENINGKATKAN SKILL SDM DEALER MITSUBISHI

"Prioritas pertama adalah memproduksi mobil ini di Indonesia dan menjualnya ke konsumen di Indonesia," ujar Naoya Nakamura selaku Presiden Direktur MMKSI. Artinya pemenuhan kebutuhan utama mobil listrik Mitsubishi Minicab-MiEV adalah untuk pasar tanah air.

Untuk diketahui, Mitsubishi Minicab-MiEV pertama kali diluncurkan Mitsubishi Motos pada Desember 2011 di Jepang. Pada saat itu, mobil tersebut menjadi satu-satunya mobil listrik komersial kelas Kei-car pabrikan Jepang pertama. Mitsubishi Minicab-MiEV dikembangkan dari generasi ke-6 keluarga Mitsubishi Minicab yang legendaris yang ada sejak 1966.

Mobil komersial ringan kecil (LCV) tersebut memiliki baterai lithium-ion sebesar 16-kWh yang dapat menempuh jarak sejauh maksimal hingga 150 kilometer dalam sekali pengecasan. Menariknya, durasi pengecasan baterai dari 0-80% bisa dilakukan antara 15-35 menit saja. Selain itu, mobil listrik ini digerakkan oleh motor listrik tunggal dengan daya maksimal 40 hp dengan torsi 196 Nm yang membuatnya terasa bertenaga.

Penempatan baterai Mitsubishi Minicab-MiEV terletak di bawah bagian tengah lantai sehingga komponen EV tidak memakan kapasitas kabin. Dengan demikian, mobil listrik ini akan tetap memiliki ruang kargo yang besar untuk mengangkut penumpang maupun barang. Makanya tak heran jika mobil listrik kompak Mitsubishi ini sangat disukai khalayak sampai saat ini. Jadi, kita tunggu saja kiprah Mitsubishi Minicab-MiEV lokal tak lama lagi!